Peristiwa Ketika Datangnya Hari Kiamat

January312012
Di Dalam Al-Qur'an, Allah swt. telah menerangkan tentang huru-hara atau peristiwa yang akan terjadi pada hari Kiamat, serta manusia yang akan merasakan ketika terjadinya peristiwa pada hari itu, dimana tidak ada lagi penolong, dan penyesalan dan tobat tidak diterima lagi. Pada hari itu bumi dan langit beserta isinya dihancurkan sebagai tanda permulaan hari yang telah di janjikan Allah swt. yaitu hari kiamat.

Melihat peristiwa yang akan terjadi pada hari Kiamatitu, seorang wanita yang hamil keguguran, karena dahsyatnya guncangan-guncangan yang membuat langit dan bumi pecah berkeping-keping, manusia yang ada dibumi keluar dari rumahnya untuk mencari tempat berlindung, tetapi pada hari itu tidak ada lagi yang dapat dijadikan perlindungan, karena bumi telah di hancurkan dan semua manusia yang hidup dan seluruh makhluk akan dibinasakan, sehingga ketika Allah swt, menggantinya dengan bumi dan langit yang lain serta manusia yang telah dibinasakan tadi dibangkitan dari kuburnya atau hidup kembali dan seluruh manusia di giring untuk menghadap Allah swt, untuk dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah diperbuat sewaktu hidup di dunia, manusia yang beriman dan dan bertakwa kepada Allah serta melakukan perbuatan-perbuatan amal saleh akan mendapatkan tempat kembali yang baik sesuai apa yang telah mereka usahakan ketika hidup di dunia, namun sebaliknya bagi orang-orang kafir akan mendapatkan tempat kembali yang paling buruk, yaitu neraka, begitu juga kepada orang-orang mukmin yang melakukan perbuatan dosa, maka sekecil apapun kesalahan itu akan mendapat balasan. Ketika datangnya hari Kiamat, seluruh manusia seperti anai-anai dan juga mereka seperti orang yang mabuk, sempoyongan mereka kemudian jatuh dan binasa. Allah swt, berfirman tentang guncangan yang akan terjadi pada hari Kiamat di dalam Al-Qur'an yang terdapat pada Surah Al-Hajj ayat 1-2 yang artinya:

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu, sesungguhnya keguncangan hari Kiamat itu adalah suatu guncangan yang amat besar (dahsyat). Ingatlah pada hari ketika kamu melihat guncangan itu larilah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusukannya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya." Adapun peristiwa-peristiwa yang akan terjadi menjelang tibanya hari Kiamat itu adalah,

Ketika matahari telah digulung dan suram. Ketika bintang-bintang telah jatuh berhamburan. Ketika gunung-gunung telah dijalankan atau dihilangkan (meletus, hancur). Ketika unta-unta betina yang bunting telah ditinggalkan oleh pemiliknya. Ketika binatang-binatang liar telah dikumpulkan. Ketika lautan telah dinyalakan menjadi lautan api. Ketika nyawa telah diperjodohkan ditemukan kembali dengan tubuhnya. Ketika anak-anak gadis yang dikubur hidup-hidup telah ditanya, karena dosa apakah ia dibunuh. Ketika buku catatan amal telah dibuka, dibeberkan. Ketika langit telah dibuka tabirnya. Ketika neraka Jahim telah dinyalakan apinya. Ketika surga telah didekatkan untuk para calon penghuninya.

Selanjutnya Allah swt, memerintahkan kepada malaikat Israfil untuk meniupkan terompet yang pertama sebagai tanda permulaan akan hancurnya segala makhluk yang berada dimuka bumi ini tak satupun yang hidup, kecuali Allah swt. Rasulullah saw, menjelaskan tentang peniupan terompet tersebut dalam hadistnya,

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah saw. bersabda:

"Sesungguhnya Allah swt. setelah menciptakan langit dan bumi, maka Dia menciptakan pula terompet. Dan terompet tersebut mempunyai sebelas bundaran, kemudian Allah memberikan terompet tersebut kepada malaikat Israfil, lalu meletakkannya pada mulutnya, sedang pandangannya (matanya) ditujukan memandang ke arsy, sambil menanti kapan dia diperintah."

Selanjutnya Abu Hurairah bertanya kepada Rasulullah saw: Apakah terompet itu, ya Rasulullah? Beliau menjawab: Terompet itu seperti tanduk yang besar sekali dan terbuat dari cahaya (Nur). Demi Zat yang telah mengutus aku dengan membawa kebenaran (kata Rasulullah): Sesungguhnya besarnya masing-masing bundaran di dalam terompet itu lebarnya langit dan bumi. Dan terompet tersebut ditiup oleh malaikat Israfil dengan izin Allah sebanyak tiga kali. Tiupan pertama untuk mengejutkan (menakutkan) penduduk bumi, tiupan kedua untuk mematikan (membinasakan) dan tiupan ketiga adalah untuk membangkitkan dalam rangka menghadap kehadirat Allah........."

Demikianlah keterangan akan peristiwa yang terjadi saat hari Kiamat itu telah tiba, namun bagi orang-orang mukmin dan bertakwa kepada Allah tidak mengalami peristiwa datangnya hari kiamat, karena yang mengalami peristiwa itu hanya orang-orang kafir.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

23 tanggapan untuk "Peristiwa Ketika Datangnya Hari Kiamat"

KIRA pada 12:07, 31-Jan-12

lanjutkan mas bro di folbek ya mas bro

raWna pada 12:35, 31-Jan-12

setelah kiamat apakah akan ada bumi baru/peradaban baru ? smile(maksudnya dari awal lagi, tuhan menciptakan bumi baru, makhluk baru, nabi baru)

Zen's pada 13:17, 31-Jan-12

mantaf. mengingtkan kita akan akhirat...lanjutkan

Belajar Ngeblog Bersama pada 13:23, 31-Jan-12

@raWna, Allah akan menciptakan bumi yg baru, tetapi tdk sm dgn apa yg kita diami skrg. Allah akan menciptakan bumi yg baru, yaitu bumi yg tandus dan gersang tidak ada air, tidak ada makanan, dan tidak ada tempat berlindung dari panas matahari. Tempat itu disebut padang mahsyar, disana seluruh manusia setelah dibangkitkan dari kuburnya akan dikumpulkan dan menanti keputusan dari Allah yang akan kita jalani nantinya, yaitu negeri akhirat.

Tidak ada manusia yang baru, itulah adalah kita sendiri ketika kita mati dan akan dibankitkan kembali pada hari Kiamat, dimana Allah akan menciptakan jasad kita kembali dari tulang sulbi, yaitu sebuah tulang kecil yang menonjol seperti ekor yang berada dibawah pinggang tepatnya sebelum dubur. Coba kamu pegang dan rasakan ada tulang yang menonjol. Tulang ini tidak pernah hancur didalam tanah dan dari tulang inilah Allah swt akan menciptakan kita kembali.

Tidak ada nabi setelah nabi Muhammad saw dan tidak ada lagi yang menyeru ke jalan Allah, karena pada hari itu adalah masa terakhir kehidupan dunia. Demikianlah yg dapat sy ketahui. Wallahu a'lam.

♣☆ ﻭﺳﻜﺤﻦ ♣☆ pada 13:51, 31-Jan-12

kunbal sob ali., tolong di folbek ya? nicd postnya sangat bermanfaat.

Van Vaart pada 14:37, 31-Jan-12

hadir sob ikud nyimak aja
oy sob jngn lupa kumbal y
thank

JhaY Amowater pada 15:33, 31-Jan-12

Segala puji bagi Allah Rabb semesta Alam ,smga Allah melindungi kita dari goncangan yg dahsyat (kiamat) dan menjadikan kita orang yang bertaqwa,Mantap sob postnganx sampai2 kekomentarx...mrgreenJazakumullah dan Salam Ukhuwah !

Qinglabil pada 16:28, 31-Jan-12

jadi merinding nyari bekal dulu buat nanti ah?

Anyoel KotoKers™ pada 16:51, 31-Jan-12

Assalamualaikum.. Jazakumullah ya akhi/ukhti.. Gag tau adminnya.. Ihwan/akhwat.. Keep istiqomah.. Salam ukhuwah..

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel pada 17:58, 31-Jan-12

Bener2 ngerikan wkt itu yaamazz.ditunggu kunjungan baliknya di blog aku ya

ANANSYAH pada 18:03, 31-Jan-12

sip artikelnya mksh for share n met sore sob 8)

© MaesaGT pada 19:42, 31-Jan-12

ALLAHU AKBAR.. ilmu ALLAH adalah suatu bukti kuasa-Nya. Sebagai ciptaanNYA selayaknya kita beriman dan bertakwa..

Terus berjuang menyuarakan kebenaran sob... (*lebay mode on)

Trik Internet Gratis pada 19:53, 31-Jan-12

thanks artikelnya biggrin

Ikhsan pada 20:20, 31-Jan-12

Halo mas bro, blh ya aq share ke fb?

Belajar Ngeblog Bersama pada 21:53, 31-Jan-12

@Ikhsan, silakan sob.

raWna pada 15:08, 01-Peb-12

thanks sob...

Iman Hijrah dan Jihad pada 15:30, 01-Peb-12

Assalamu'alaikum Sahabat

Alhamdulillah, bisa berkunjung ke blog ini,

Jangan lupa, kunjungi blog kami juga ya..

Terimakasih.
http://MekahMadinah.mywapblog.com

PasRah pada 15:44, 01-Peb-12

Assalamu'alaikum,,
Ijin artikelnya tautkn k fb sob,,mksh

uMmiRa pada 16:28, 01-Peb-12

assalamualaikum..kunjungan perdana..
Mantabz kang mrgreen
lanjutkan trz,,tiada perkataan yg lbh baik selain mnyeru kpd Allahu Khaliq

uMmiRa pada 16:32, 01-Peb-12

oia izin follow,,
dtunggu folbeknya,,thx

rahman pada 07:00, 25-Mar-12

astaghfirullah sungguh tdk bsa ku byangkan dan tdk bs merasakn gmana nanti yg d sbut dlm alqur,an d atas. Pantesan para ulama jg ngeri dnger dan liat ayat allah yg menerangkan kejadian hari kiamat

Rhiza uMami muzakki pada 13:00, 23-Sep-12

bagus seKaLi , , , smile
artikel ini beRmanfaat

anahku pada 18:00, 11-Peb-13

hmmz...brmnft bngtt tfik ini..jd mkiin sdar nic,...

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas